delina trans
Search

15 Tempat Wisata Kuliner Jogja Yang Wajib Anda Coba!

Siapa tidak mengenal Jogja? Kota yang memiliki nuansa dingin, dengan penduduk ramah, dan penuh tempat wisata kuliner Jogja ini selalu salah satunya tujuan wisata khusus di Indonesia. 

Selainnya populer dengan beberapa situs kebudayaan dan pantai-pantainya, rupanya wisata kuliner Jogja oke sekali, lho.

tempat wisata kuliner jogja

Jogja menjadi satu diantara tujuan terkenal Indonesia bukan tanpa argumen. Karena ada beberapa hal bagus yang dapat Anda bisa, satu diantaranya beragam opsi tempat wisata kuliner Jogja hits yang dapat Anda datangi.

Tempat Wisata Kuliner di Jogja

Dimulai dari makanan tradisionil khas Jogja seperti gudeg sampai makanan internasional semua ada. Hanya tinggal pilih saja, yang mana sesuai dengan selera dan gagasan perjalanan Anda.

Lalu, apa beberapa tempat wisata kuliner Jogja yang harus kamu kunjungi saat pelesiran ke kota ini?

Daftar Tempat Wisata Kuliner Jogja Terkenal

Heha Sky View

Selainnya populer sebagai tempat wisata paling hits di Jogja, Heha Sky View tawarkan pengalaman kuliner yang sangat menarik. Tujuan wisata ini mempunyai restaurant yang namanya Heha Sky View Restoran.

Lokasinya ada tepat di tengah teritori selfie Heha dengan view Kota Jogja yang menarik. Cocok sekali untuk Anda yang cari tempat makan romantis bersama-sama pasangan di waktu malam hari.

Bukan hanya panoramanya yang bagus, di sini Anda pun akan didampingi oleh live music performnce yang membuat situasi makin syahdu. Opsi menunya sendiri bermacam dimulai dari masakan tradisionil sampai internasional.

Salah satunya menu sebagai favorite di restoran Heha Sky View ini ialah bakmi godog patuk, lamb chop dan bermacam jenis pizza. Untuk harga sendiri masih lumayan dapat dijangkau sekitaran Rp15.000,00 s/d Rp225.000,00 bergantung menunya.

Bila tertarik berkunjung restaurant ini Anda dapat booking lebih dulu. Alamat dan jam operasinya sama juga dengan tempat wisatanya, yaitu start pukul 10.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Jejamuran

Jejamuran

Salah satunya tempat wisata kuliner Jogja instagramable yang harus Anda datangi ialah Jejamuran. Sama dengan namanya restaurant ini bertopik jamur, sebagian besar menunya dibuat dari jamur.

Dimulai dari makanan seperti sate jamur dan martabak jamur sampai minuman dengan kombinasi jamur semuanya ada. Bukan hanya unik menunya, situasi di restaurant ini juga asri dan teduh.

Ada beberapa spot berpose yang dapat Anda tentukan misalkan kebun jamur, kolam ikan, dan vespa tua. Untuk harga sendiri tidak begitu mahal dimulai dari Rp11.000,00 sampai Rp215.000,00 khusus untuk menu paket.

Bila Anda tertarik dapat berkunjung restoran ini yang ada di Jl. Pandowoharjo, Niron, Pandowoharjo, Sleman. Gunakan saja service rental motor NMax Jogja murah paling dekat supaya dapat semakin gampang ke arah lokasi.

Warung Kopi Klotok

Beberapa pencinta kopi harus sekali berkunjung Warung Kopi Klotok yang terdapat di Sleman ini. Situasi warung kopinya benar-benar nyaman dengan view bagus khas perdesaan benar-benar pas jadi opsi tempat makan Anda dengan keluarga.

Selainnya kopi, di sini Anda bisa juga coba beragam jenis menu simpel ala-ala warkop yang lezat tentu saja dengan harga murah dan meriah. Menu yang wajib Anda coba ialah pisang goreng dan nasi megono, salah satunya makanan favorite khas Wonosobo.

Sambil menyesap kopi hangat, Anda akan dimanja alam dusun yang asri. Semua bersatu prima karena Joglo sebagai bangunan khusus warung kopi ini.

Lokasinya saat ini masih sejalur dengan beberapa tempat wisata hits Sleman karena berada di Jl. Kaliurang KM 16. Pakembinangun, Pakem, Sleman. Bila tertarik Anda dapat tiba sekitaran jam 07.00 WIB sampai 21.30 WIB.

House of Raminten

Satu kembali tempat wisata kuliner Jogja trending yang tak pernah sepi yaitu House of Raminten. Salah satunya daya magnet khusus restaurant ini ialah situasi jawa classic yang demikian berasa.

Menu makanan yang terdapat semua sebagai masakan khas Jawa yang dirasa kekinian. Sisi interior restoran ini juga unik yaitu joglo dengan ornament kuno yang bagus.

Semua makin komplet karena seragam pelayan yang memakai kemben dan jarik hingga berasa makin orisinal. Untuk harga juga murah mulai Rp1.000,00 sampai Rp30.000,00 saja.

Dengan semua keunikannya, tempat ini selalu ramai oleh kelompok dari rental mobil Innova Jogja murah yang terdapat. Bila tertarik Anda dapat berkunjung lokasinya di Jl. Faridan M Noto No.7, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Jogja di antara jam 09.00 WIB sampai 12 malam.

Gudeg Yu Djum

Berkunjung Jogja belum prima bila belum coba gudeg legenda, Gudeg Yu Djum. Warung gudeg ini telah ada semenjak tahun 1950 dan sudah banyak memiliki cabang khususnya di teritori Mbarek dan Wijilan.

Walau populer sebagai makanan tradisionil khas Jogja dengan rasanya yang manis, gudeg di sini punyai rasa manis yang cocok untuk lidah siapa saja. 

Opsi lauknya bermacam, selainnya gori atau nangka muda, Anda bisa juga pilih ayam dan telur dalam sajian.

Gudeg sendiri benar-benar cocok untuk Anda cicipi saat makan pagi bersama nasi hangat. Atau juga bisa jadi makanan di waktu malam hari sesudah senang berkeliling-keliling kota Jogja.

Antiknya kembali, di Gudeg Yu Djum ini ada opsi paket buntel untuk Anda membawa pulang. 

Ada yang berbentuk besek bambu atau berbentuk kalengan hingga menjadi opsi oleh-olehan khas Jogja yang unik.

Harga sendiri sekitar di antara Rp12.000,00 sampai Rp50.000,00 per jatah bergantung lauk dan paket. 

Bila tertarik Anda dapat tiba ke salah satunya cabangnya di Jl. Kaliurang KM 4,5 CT III/22, Gg. Cokrowolo, Karangasem, Mbarek, Sleman start pukul 05.00 WIB sampai 19.00 WIB.

Gudeg Mbah Lindu

Jika kamu ke Jogja, tidak pol rasanya jika tidak nyobain gudeg legendaris ini.

After all, Jogja itu populer dengan gudegnya, kan ya. Bahkan juga dapat disebut, jalinan di antara gudeg dan Jogja itu seperti nasi padang dengan kota Padang. Yaitu, tidak dipisahkan.

Mengapa? Karena riwayat gudeg bahkan juga lebih tua dari kota Jogja tersebut. 

Riwayat makanan khas Jogja ini diprediksi diawali semenjak era ke-16 saat prajurit-prajurit Kerajaan Mataram tengah buka tempat untuk membuat peradaban.

Waktu itu, mereka temukan jika rimba tempat mereka akan buka tempat itu sarat dengan beberapa pohon nangka dan kelapa. Mereka juga usaha mengolahnya di kuali-kuali besar untuk beberapa ratus pasukan.

Karena sangat besarnya kuali-kuali ini, pengaduknya juga sangat besar. Hingga proses yang paling khas dari pemrosesan nangka dan kelapa ini ialah pengadukannya. 

Maka dari itu, makanan ini juga mendapatkan panggilan gudeg (yang dari “hangudek” yang bermakna “mengeduk”).

Menarik, ya?

Nach, Gudeg Mbah Lindu juga punyai riwayat yang tidak kalah menarik. Gudeg yang super nikmat ini populer sebagai salah satunya kuliner legendaris Jogja karena Mbah Lindu, penemunya, mulai jualan semenjak jaman penjajahan Belanda.

Mbah Lindu dengan pengabdiannya tidak henti membuat gudeg untuk arek-arek Jogja. Ini beliau lalui semenjak umur 13 tahun sampai akhir hayatnya di bulan Juli tahun 2020 kemarin.

Oleh karena itu, resep gudeg bikinan beliau betul-betul pintar dalam meng-capture rasa gudeg yang asli. 

Gudeg Mbah Lindu dihidangkan berbentuk nasi dengan gudeg basah (istilahnya “nyemek”) yang diperlengkapi krecek dan opor.

Rasa manis renyah dari gudeg yang bersantan, yang berpadu solid secara serasi dengan pedas dari krecek dan cabai rawit, benar-benar menggoyang lidah.

Alamat: kamu dapat temukan gudeg legendaris ini di Jalan Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen.

Waktu dan jam membuka: jam 05.00 – 11.00 WIB.

Harga: range Rp 15.000,-

Angkringan Lik Man

Selainnya gudeg, Jogja populer dengan angkringannya. Yaitu, sebuah tempat kongkow yang tiap masyarakat Jogja dari macam background dan kelas sosial gandrungi.

Karena itu jika kamu ingin berekreasi ke Jogja, cari paket wisata Jogja yang sediakan lawatan ke angkringan.

Nach, seperti Gudeg Mbah Lindu, Angkringan Lik Man juga terhitung kuliner legendaris di Jogja.

Lik Man, yang namanya asli Siswo Raharjo, ialah anak dari Mbah Pairo yang disebut pedagang angkringan pertama di Jogja semenjak tahun 1950-an. Lik Man selanjutnya mewariskan usaha bapaknya di tahun 1969.

Saat usaha itu ada di tangan Lik Man, angkringan juga jadi trend dan angkringan-angkringan lain juga banyak muncul.

Menu khas yang angkringan pasarkan ialah sego kucing (nasi kucing) dengan lauk tumis tempe, pindang tongkol, dan bermacam gorengan dan bakar-bakaran. Angkringan populer dengan Kopi Joss yang selainnya nikmat rendah cafein.

Kopi Joss ialah kopi yang di celupkan arang panas ke tengahnya. Kabarnya kopi ini ada dari gagasan seorang mahasiswa UGM yang kongkow di angkringan. Menurut dia, pendayagunaan arang itu dapat kurangi cafein dalam kopi.

Selainnya mencicip kulineran-kuliner khas angkringan, kamu bisa juga rasakan kultur kongkow khas Jogja di sini. 

Di angkringan, bermacam tipe orang sama nikmati ngopi dan bercakap di sini dengan dekat dan rileks.

Alamat: Jalan Wongsodirjan, Sosromenduran, Gedong Tengen.

Waktu dan jam membuka: Senin – Sabtu dari jam 11.00 – 03.00 WIB.

Range harga: mulai Rp 2.000,- per menu-nya.

Wedang Ronde Mbah Payem

Nominator ke-3 kita saat ini masih diisikan oleh warung punya mbah-mbah legendaris Jogja.

Wedang yang pas sekali untuk menghangatkan tubuh di situasi malam Jogja ini telah berdiri semenjak tahun 1965. Penjualnya juga saat ini masih orang yang serupa, yakni Mbah Payem.

Beberapa bahan dari wedang ronde ini Mbah Payem buat sendiri di tempat tinggalnya, hingga cita-rasanya selalu cocok dan terbangun. 

Mbah Payem juga tidak memakai bahan pengawet dan pemanis bikinan pada proses pembikinannya.

Setiap jatah wedang ini terdiri dari 2 butir ronde dari beras ketan, kolang-kaling yang empuk dan legit, dan kacang tanah yang gurih. 

Jahenya berasa pedas dan manisnya juga cocok karena memakai gula asli.

Alamat: Jalan Kauman, samping barat dari Alun-Alun Utara Yogyakarta.

Waktu dan jam membuka: Tiap hari dari jam 19.30 – 23.00 WIB atau setelahnya.

Harga: Rp 6.000,- saja.

Sate Klatak Pak Bari

Kuliner legendaris Jogja yang lain ialah sate klathak.

Sate klathak ialah sajian sate kambing yang khas dari wilayah Pleret, Bantul. Adapun bedanya dengan sate biasa, ialah dari bumbu dan langkah penyuguhannya.

Bila umumnya sate memakai bumbu kacang, karena itu sate klathak cuma memakai garam dan lada untuk membumbui dagingnya.

Selanjutnya, penyuguhan dari sate ini juga cukup unik. Tusuk satenya tidak memakai kayu, tetapi besi. Karena besi ialah konduktor yang bagus, karena itu daging kambingnya juga menjadi lebih cepat empuk.

Sate Klatak (atau Klathak) Pak Bari ialah pion dari sate-sate klatak yang lain di Jogja.

Beliau ialah “pemain veteran” di dunia sate, yang melanjutkan resep khas dari ayahnya. Ayah Pak Bari juga dulu melanjutkan resep dari neneknya Pak Bari, yang mulai jualan semenjak saat sebelum kemerdekaan.

Jika kamu pesan sate di sini, kamu akan memperoleh 1 jatah sate kambing, sepiring nasi, dan satu mangkok kuah gulai yang kental dan renyah. 

Disamping itu, Pak Bari jual sate goreng, tongseng, kicik (tongseng yang sedikit berkuah), nasi goreng, dan nasi godog.

Ajaibnya kembali, harga sate ini benar-benar murah bila kita perbandingan dengan harga di kota lain seperti Jakarta, misalkan.

Disamping itu, kuliner Jogja modern ini juga sebelumnya pernah ada di salah satunya scene film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2.

Alamat: Pasar Deretan, Wonokromo, Pleret Bantul.

Waktu dan jam membuka: Tiap hari dari jam 06.30 – 01.00 WIB.

Harga: Rp 20.000,-

Sate Klathak Pak Pong

Salah satunya wisata kuliner Jogja, pasti sangat mengenali sate klathak Pak Pong. Warung sate di teritori Bantul ini populer dengan penyuguhan dan rasa satenya yang khas.

Tidak seperti sate secara umum yang memakai bumbu kacang, sate klathak ini cuma menggunakan garam, merica, dan kecap. 

Walau demikian, tiga jenis bumbu berikut yang membuat rasa daging kambingnya makin spesial.

Selainnya sate, di sini Anda bisa juga coba tengkleng, gulai, sampai nasi goreng yang tidak kalah nikmat. 

Pas sekali jadi lokasi pengisi tenaga sesudah bermain di beberapa tempat wisata Bantul yang sedang hits.

Harga setiap menunya sekitar di antara Rp20.000,00 sampai Rp35.000,00 saja. Bila tertarik Anda dapat tiba ke Jl. Sultan Agung No.18, Deretan II, Pleret, Bantul, dekat sama Jl. Imogiri Timur.

Gudeg Pawon

Sesudah jalan-jalan dari mencicip wedang sampai sate, saat ini kita balik lagi ke gudeg.

Tidak kalah dari Gudeg Mbah Lindu, Gudeg Pawon juga sudah sama-sama membuka semenjak waktu lama.

Gudeg Pawon berdiri di tahun 1958 dan menjadi satu diantara tempat makan favorite dari masyarakat Jogja sampai ini hari.

Tetapi berlainan dengan Gudeg Mbah Lindu yang membuka di pagi hari, Gudeg Pawon mulai membuka jam 6 sore. 

Maka dari itu tempat ini terhitung wisata kuliner malam Jogja yang dicintai pegawai dan mahasiswa.

Tujuan wisata Jogja ini mempunyai langkah penyuguhan makanan yang unik. Bukannya pesan ke penjual dan duduk manis menanti makanan maka di sini kamu langsung mengambil racikan gudeg dari pawon atau tungku yang tempatnya di dapur.

Jika kamu pencinta gudeg yang ingin rasakan pengalaman ambil makanan seperti di rumah sendiri, tempat ini oke sekali buat kamu coba.

Alamat: Jalan Janturan, Umbulharjo.

Waktu dan jam membuka: Tiap hari dari jam 18.00 – 21.00 WIB.

Harga: Rp 11.000 – 24.000,-

Mangut Lele Mbah Marto

Beberapa makanan khas Magelang yang nikmat seperti mangut lele bisa juga Anda cicipi di Jogja persisnya di warung Mangut Lele Mbok Marto. 

Warung yang telah ada semenjak tahun 1960-an ini terhitung hidden gem karena lokasinya yang terselinap.

Untuk ke arah lokasi, Anda harus melalui gang perkampungan yang terdapat di Jl. Sewon Cantik, Ngireng-ireng, Pentasharjo, Sewon, Bantul. Walau terselinap, tidak menurunkan pelancong berkunjung warung mangut ini.

Bila Anda pulang dari Pantai Parangtritis luangkan untuk singgah ke warung mangut dekat Jl. Parangtritis KM. 6.5 ini. 

Waktu bukanya lumayan lama start pukul 10.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Harga menu mangutnya juga masih dapat dijangkau cuma sekitaran Rp20.000,00 sampai Rp25.000,00. Dan untuk masalah rasa pasti tidak harus Anda ragukan kembali, mangut lele ini pemenangnya di Jogja.

Mie Lethek / Mie Lung Mbah Sur

Lethek dengan bahasa Indonesia maknanya kotor (“lecek”). Loh, kok namanya demikian?

Karena, warna dari mie ini tidak kuning jelas atau putih seperti mie secara umum. Mie lethek dibuat dari kombinasi tepung tapioka dan singkong kering, yang umum orang Jogja sebutkan dengan “gaplek”.

Maka dari itu, hasil akhir pemrosesan mie lethek warna keabu-abuan. Selainnya berwarna yang lain, kandungan nutrisi dari mie ini juga baik sekali, lho. 

Pemakaian bahan alamiah tapioka dan singkong membuat kandungan gizinya bahkan juga lebih bagus dari gandum.

Mie Lethek Mbah Sur mempunyai racikan yang membuat ngiler. Selainnya mie lethek, lauknya memakai balungan, yaitu tulang yang masih tetap ada daging-daging yang membalutinya.

Gabungan mie lethek yang kenyal dan balungan yang renyah ini tentu dapat membuat kamu goyang lidah. 

Bahkan juga, dulu Barack Obama juga sebelumnya pernah mencicip mie ini saat bertandang sebagai Presiden Amerika Serikat.

Buat kamu yang menyukai pedas, mie lethek di warung Mbah Sur juga memakai mekanisme tingkat seperti biasanya kita temui pada sajian ayam keprek.

Oh ya, kamu juga dapat bawa pulang makanan khas Jogja yang nikmat ini berbentuk mie siap masak, lho.

Alamat: Dusun Tegallayang, Bantul.

Waktu dan jam membuka: Tiap hari dari jam 10.00 – 01.00 WIB.

Harga: Rp 16.000 – Rp 21.000,- per jatah.

Mie Lethek Kang Sum

Saat ini masih sekitar mie lethek, selainnya Warung Mie Lung Mbah Sur, Mie Lethek Kang Sum salah satunya warung mie yang populer di Bantul.

Warung ini telah berdiri semenjak tahun 1999 dan populer dengan rasa yang kuat dan nikmat. Disamping itu, singkong sebagai bahan baku mie-nya juga terasa sangat dan teksturnya berasa halus.

Proses pemasakan dari sajian bakmie ini juga saat ini masih memakai anglo dan arang, hingga cita-rasanya khas.

Alamat: Paduresan, Imogiri, Bantul.

Waktu dan jam membuka: Tiap hari sepanjang 24 jam.

Harga: –

Tumis Mercon Bu Narti

Umumnya, makanan Jogja itu populer manis-manis. Gudeg, misalkan.

Tetapi, Jogja populer dengan sajian tumis merconnya, yang seperti namanya, pedas dan meletus-ledak di lidah seperti mercon.

Bu Narti ialah orang pertama kali yang mengenalkan sajian tumis mercon ini di tahun 1998. Untuk bertahan hidup dan memperoleh pendapatan sesudah si suami menyusulnya, Bu Narti juga berkreatifitas membuat tumis yang unik ini.

Pemberian nama Tumis Mercon juga didapat dari budayawan populer Cak Nun (Emha Ainun Nadjieb). Karena rasa pedasnya seolah meletus di mulut, dia juga memberikan nama orak-arik ini dengan panggilan orak-arik mercon.

Alamat: Jalan KH Ahmad Dahlan no. 110, Notoprajan, Ngampilan.

Waktu dan jam membuka: Tiap hari dari jam 16.00 – 23.00 WIB.

Harga: Rp 23.000,- per jatah (terhitung nasi).

Soto Bathok Mbah Karto

Umumnya kamu makan soto di mangkuk, kan?

Nach, jika kamu berkunjung warung Soto Bathok Mbah Karto, kamu dapat coba pengalaman makan soto dengan tempat batok kelapa.

Satu porsi Soto Bathok terbagi dalam nasi, daging sapi, kuah bening, tauge, dan seledri. Disamping itu, ada juga lauk-lauk tambahan seperti sate usus, sate telur puyuh, dan tempe goreng.

Kekhasan lain dari Soto Bathok Mbah Karto ialah tempatnya yang ada di wilayah persawahan. 

Disamping itu harga juga benar-benar murah. Buat kamu yang cari kuliner Jogja murah, tempat ini harus kamu kunjungi.

Maka dari itu, kamu dapat sekaligus nikmati situasi sawah yang dingin dengan sepoi-sepoi angin yang sejuk, sambil makan soto yang hangat.

Tetapi jika kesini, seharusnya kamu memakai jasa sewa mobil innova Jogja atau rental bus Jogja yang murah dan terpercaya seperti Delina Trans. Argumennya, karena tempatnya cukup jauh dari pusat perkotaan Jogja.

Alamat: Sambisari, Sleman.

Waktu dan jam membuka: Tiap hari semenjak jam 06.00 – 15.30 WIB.

Harga: Rp 5000,- untuk satu mangkuk soto.

Bagaimana, dapat tempat wisata kuliner Jogja yang ingin Anda coba? Apabila sudah,langsung pergi saat ini bersama beragam service dari Delina Trans yang siap menolong.

Dimulai dari masalah transportasi sampai konsumsi untuk acara kumpul Anda, semua dapat tercukupi lewat paket gathering Jogja murah yang kami siapkan.

Tinggal tetapkan harga dan gagasan, berlibur spesial di Jogja tidak hanya mimpi kembali . Maka langsung tentukan dan peroleh pengalaman terkesan dengan kami, Delina Trans.

Transportasi Wisata di Jogja

sewa mobil jogja
rental mobil avanza jogja
rental mobil innova reborn jogja
rental mobil fortuner jogja
rental mobil pajero jogja
rental mobil alphard jogja
rental hiace jogja
rental elf jogja
Rental Mobil & Bus PariwisataTerbaik

Pastikan bahwa Anda melakukan transaksi pemesanan hanya melalui nomor kontak resmi yang ada di dalam website Delina Trans. Apabila tidak, segala sesuatu yang terjadi bukan menjadi tangggung jawab kami sepenuh nya.